Pages

Rabu, 21 Januari 2015

TUGAS 6 BAHASA INDONESIA: Sistem Akuntansi di Indonesia



Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasikan sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan (Mulyadi, 2001). Sistem akuntansi tersebut dibuat untuk memenuhi spesifikasi informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sistem akuntasi juga dibutuhkan oleh para pihak yang berkepentingan untuk pengambilan keputusan. Pihak yang membutuhkan informasi sistem akuntansi tersebut adalah manajemen perusahaan.

Tahap-tahap dalam sistem akuntansi terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama adalah mengenal bukti-bukti transaksi yang digunakan oleh perusahaan. Kemudian, tahap kedua adalah mengelompokkan dan mencatat data yang tercantum dalam bukti-bukti transaksi kedalam catatan akuntansi. Tahap ketiga meringkas informasi yang tercantum dalam catatan akuntansi menjadi laporan keuangan. Selanjutnya, laporan keuangan diberikan kepada manajemen perusahaan.

Saat ini, sistem akuntansi di Indonesia masih mengacu pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). PSAK yang berlaku memakai pengakuan pendapatan yang harus dicatat secara akrual. Pencatatan secara akrual adalah metode yang tidak memandang arus dana. Selain pengakuan secara akrual, terdapat pula pengakuan secara kas. Pengakuan secara kas jarang digunakan di Indonesia.


Daftar Pustaka
Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi. Jakarta. Penerbit Salemba Empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template by BloggerCandy.com