Pages

Rabu, 21 Januari 2015

TUGAS 7 BAHASA INDONESIA: Peranan Sistem Akuntansi bagi Dunia Bisnis


Akuntansi mencakup seluruh aspek ekonomi bisnis. Fungsi dan peranan akuntansi sering dikatakan sebagai bahasa bisnis. Dalam konteks bahasa bisnis, akuntansi diartikan sebagai penghubung antara para organisasi bisnis yang ada dengan para stakeholders, baik internal maupun eksternal (Tarigan, 2010). Akuntansi menghubungkan organisasi bisnis dan para pihak yang berkepentingan dengan menggunakan laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut melaporkan kondisi keuangan organisasi dalam periode tertentu.

Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan (Mulyadi, 2001). Sistem akuntansi memiliki empat peran utama dalam aspek bisnis, yaitu pengendalian keuangan, operasi perusahaan, pelaporan, dan perencanaan. Peran yang pertama dari sistem akuntansi adalah pengendalian keuangan. Pengendalian keuangan yang utama adalah pengendalian biaya. Pengendalian biaya merupakan salah satu faktor penting untuk keberhasilan usaha. Pengelolaan biaya overhead dan biaya produksi akan menentukan perbedaan biaya dan laba (Ong, 2002).

Peran yang kedua yaitu operasi perusahaan sehari hari. Operasi perusahaan dapat dibantu dengan sistem akuntansi, caranya dengan menggunakan modul-modul yang telah terintegrasi. Peranan yang ketiga yaitu pelaporan. Sistem akuntansi melaporkan informasi keuangan akurat untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi perusahaan sehingga masalah tersebut dapat segera diselesaikan. Peranan yang terakhir, akuntansi dapat menggambarkan masa depan perusahaan sehingga sangat berguna untuk melakukan proses perencanaan.

            Sistem akuntansi di dalam organisasi bisnis juga digunakan sebagai alat analisis. Saat ini, laporan keuangan perusahaan besar telah banyak dipublikasikan secara transparan. Sehingga siapapun dapat melihat kondisi keuangan organisasi bisnis tersebut. Para pemegang saham dapat menganalisis dan mengambil keputusan untuk kelanjutan bisnis di organisasi tersebut dengan menggunakan laporan keuangan.

Daftar Pustaka
Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi. Jakarta. Salemba Empat
Ong, Albertus. 2002. Menguasai MYOB versi 11 Jilid 1. Jakarta. Elex Media Komputindo.
Tarigan, Josua. 2010. Values-Driven Accounting. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template by BloggerCandy.com